Ini Dia Manfaat Luar Biasa dari Arang



Hai Bunda, kali ini saya ingin menginfokan manfaat luar biasa dari arang. Apa?? Arang hitam yang biasa jadi bahan bakar itu? Iya.

Eits, tetapi bukan sembarang arang ya Bun. Arang yang akan saya bahas di sini adalah activated charcoal(arang aktif). Nah bagi yang belum tau apa itu activated charcoal, baca terus artikelnya ya 

Apa itu Arang Aktif?

Arang aktif adalah arang yang sudah melalui proses pembakaran dengan suhu yang sangat tinggi, sehingga pori-porinya menjadi lebih kecil dibandingkan arang biasa. Arang ini sendiri bisa diambil dari bambu, kayu, dan sabut kelapa. Arang aktif ini ternyata memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh, salah satunya adalah detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.

Manfaat Activated Charcoal (Arang Aktif)

Arang aktif sebenarnya aman dikonsumsi secara langsung oleh manusia. Tak jarang saat ini kita menemukan banyak hidangan-hidangan yang menggunakan bubuk arang aktif sebagai dasarnya. Mulai dari jenis roti, es krim, adonan kue, mie, dan sebagainya. Berikut manfaat dari arang aktif:

  • Membuang Racun Tubuh (Detoks)
Menurut ahli kesehatan dari KlikDokter, activated charcoal yang bersumber dari bahan alami sangat efektif untuk mengikat racun dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui saluran pembuangan. Arang ini mampu mengikat senyawa racun seperti formalin, merkuri, pestisida, lemak jahat, dan obat-obatan yang merusak tubuh. Oleh karena itu, arang aktif ini aman dikonsumsi bahkan sangat baik untuk tubuh dalam pemakaian wajar. Efek samping ketika mengkonsumsi terlalu banyak arang ini adalah diare, sakit perut, mual, dan muntah. Oleh karena itu, para ahli tidak menyarankan untuk mengkonsumsi arang ini dalam dosis yang tepat, jika berlebihan juga akan mengurangi proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  • Menyembuhkan Jerawat
Arang aktif ini juga sangat dapat membantu menyembuhkan jerawat. Dengan menggunakannya sebagai masker, Anda bisa mengoleskan bubuk arang aktif yang sudah dicampur air atau madu di tempat yang tumbuh jerawat. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa membuat lapisan kulit terutama di wajah semakin tipis dan sensitif. Arang ini akan membantu membersihkan jerawat pada tubuh Anda.

  • Mencerahkan Kulit
Gunakan arang ini sebagai masker atau scrub sebelum mandi untuk mendapatkan kulit cerah dan bersih. Bubuk arang aktif ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit yang telah mati sehingga membuat kulit Anda segar dan berseri. Bahkan sekarang telah banyak produk kecantikan dan perawatan yang menggunakan activated charcoal ini sebagai bahan pembuatannya.

Itulah beberapa manfaat dan sedikit penjelasan tentang arang aktif (activated charcoal). Bagaimana ingin mencobanya Bun?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment