PUNYA MASALAH? GALAU? OH NO! Tips Mengatasi Permasalahan Ala Bunda Mashel



Menjadi manusia sudah pasti memiliki kehidupan. Kehidupan memiliki realitas permasalahan yang beragam yang dihadapi oleh manusia. Tak jarang, kita sebagai manusia pun merasakan keresahan, ketidakjelasan, kegelisahan, dan berbagai macam perasaan lainnya.

Sebagian dari kita bahkan memiliki hobi menuliskan statusnya di media social, dan membiarkan khalayak umum mengetahui dan menduga-duga apa yang terjadi dengan diri kita. Apa isinya? Ternyata banyak dari mereka yang menulis tentang curhatan kehidupan mereka masing-masing. Perlukah seperti itu? Apakah dengan melakukan hal ini akan membebani masalah hidup kita? Sebenarnya ada hal lain yang lebih baik kita lakukan. Apa saja itu?

Ada banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan rasa resah dan gelisah atau galau terus melanda di kala permasalahan hidup itu muncul. Pertama, bisa jadi kita kurang dekat dengan Allah swt. Padahal dalam hadits Rasulullah, Allah berfirman, “Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.” (HR. Bukhari dan Muslim). Semakin dekat seorang hamba dengan Allah, justru Allah sendiri yang akan mendekati lebih dahulu. Curhatlah hanya kepada Allah, terutama di sepertiga malam. Menangislah sepuasnya kepada Allah, agar cucuran air mata kita ada pahala yang mengalir. Mengadulah kepadaNya tentang segala apa yang kamu rasakan. Bacalah al-Quran dengan syahdu. InshaAllah ada ketenangan menghampiri setelahnya.

Jika hati dan pikiran sudah terpaut kedekatannya dengan Allah, sudah pasti ketenangan hidup yang akan didapat. Yakinlah, Allah akan menjauhkan rasa gelisah, resah, dan galau akan masalah yang datang. Karena kita yakin bersama Allah, kita akan bisa keluar dari permasalahan yang datang. 

Kedua, kurang menyibukkan diri dengan aktivitas atau kegiatan yang bermanfaat. Salah satu faktor terbebaninya pikiran manusia adalah karena ia memang tidak melakukan sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Makanya tidaklah heran ketika virus galau ini menyangkut pada pribadi-pribadi yang malas dan tidak memiliki semangat hidup. Uups!

Rasulullah saw. bersabda, “Sebagian dari kebaikan keislaman seseorang adalah ia meninggalkan apa saja yang tak berguna baginya.” (HR. at-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad, Ibn Hibban, al-Baihaqi, dan Malik). Hadits ini adalah peringatan bagi kita sebagai seorang Muslim, yaitu kita memang diperintahkan untuk meninggalkan hal-hal yang tidak berguna, seperti misalnya melamun di siang bolong. Ya, lebih baik carilah kegiatan yang bermanfaat yang akan mengalihkan kegalauanmu pada sesuatu yang lain. Misalnya, pergilah ke perpustakaan, carilah buku tentang motivasi, novel, atau bacaan yang kamu suka. Atau bersilaturahimlah dengan orang-orang pintar dan shaleh yang bisa memotivasi hidupmu, dengan begini kamu bisa mendapatkan ilmu dan juga inspirasi untuk membuat sesuatu yang bermanfaat.

Ketiga, berbagilah masalahmu dengan orang-orang yang terpercaya. Salah satu ketenangan juga datang ketika kita meminta pendapat atau nasihat dari orang-orang yang kita percayai. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita menceritakan masalah kita dengan maksud memintai pendapat dan nasihatnya agar kita bisa menyelesaikan masalah kita. Dengan begitu, beban masalah pun sedikit terlepas dan terasa lebih ringan. Atau siapa tahu, mereka bisa memberikan solusi tuntas atas masalah kita. Carilah orang-orang yang kita percayai 100% bisa menjaga curhatan kita.

Satu lagi, teruslah introspeksi, teruslah berbenah diri menjadi yang lebih baik. Masalah yang datang haruslah menjadikan diri kita lebih bijak dan lebih bisa memaknai arti hidup yang sebenarnya. 

Itulah sedikit tips dari saya bagaimana cara mengatasi sebuah masalah hidup yang jauh dari kata galau! Saya udah pernah coba dan memang sangat membantu, makanya saya bagikan disini. Hehe… Semoga enggak galau lagi yaa…

Jadi, kamu punya masalah? Galau? Enggak lagi lah yau! ^_^





Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment